Monday, December 23, 2013

Tugas Penyepuhan emas

Cara Praktis Menyepuh Emas

1.      Cara Praktis Penyepuhan Emas
Alat dan bahan yang di butuhkan
Kompor (akan lebih maksimal jika anda menggunakan LPG)
2.      Putas (pottasium)
3.      Sikat perhiasan(bisa di beli di toko bangunan)
4.      Adaptor
5.      Kabel
6.      Kawat tembaga
7.      Besi pipih yang sudah di haluskan(ingat jangan sampai kasar permukaan besi)
8.      Pengering rambut (hair dryer)
9.      Kobokan aliminium (lebih sempurna menggunakan pyrex,bisa di dapat di toko kimia)

cara kerja:
a.       Masukkan perhiasan ke da lam campuran air dan putas(sebaiknya menggunakan air bekas penyepuhan yang sudah rusak atau yang sudah jenuh,)panaskan hingga mendidih.setelah mendidih,,biarkan beberapa menit agar kandungan emas yang ada menyebar rata.pemanasan ini di maksudkan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada perhiasan.akan lebih baik lagi setelah proses ini anda panaskan lagi perhiasan dengan air soda api yang mendidih.lalu di bilas
b.      Bersihkan perhiasan dengan air yang sudah bercampur dengan busa klerak.air klerak yang sudah di pakai nantinya jangan di buang..karena semakin lama air klerak ini akan semakin mudah menghasilkan busa.bersihkan perhiasan dengan sikat perhiasan,busa air klerak sangat ampuh membersihkan kotoranan lemak yang menempel pada perhiasan.
c.       Gunakan besi pipih yang halus permukaannya untuk mengkilapkan perhiasan,di daerah kami..kami menyebut besi ini dengan sebutan sengki..cukup menggosokkan besi (baja akan lebih baik)ke perhiasan yang akan di sepuh.ingat,,usahakan rata dalam menggosok sengki ke perhiasan.hati2 dalam menyengki perhiasan agar jangan sampai rusak atau patah.semakin anda teliti membersihkan perhiasan dengan sengki,akan semakin maksimal hasil akhir penyepuhan.lalu bilas perhiasan.
d.       
·         Siapkan adaptor.sambung kabel plus dan minus dengan tembaga.1 ujung tembaga kaitkan emas 24 karat yang sudah di pipihkan.sedang ujung tembaga yang satunya akan berguna untuk mengaitkan perhiasan nantinya
·         Panaskan air bersih yang di campur pottasium (2 biji pottasium cukup di campur dengan 2 biji pottasium ukuran normal toko kimia)
·         Hidupkan adaptor,masukkan ujung2 tembaga yang tersambung dgn kabel adaptor ke dalam air pottasium.jika ada reaksi,penyepuhan siap di mulai
e.       Masukkan 1 barang perhiasan sebagai pemancing.lebih mudah menggunakan cincin.gunakan ujung tembaga yang ukuran besar untuk mengaitkan cincin.masukkan ujung tembaga pengait emas dan tembaga pengait perhiasan ke dalam air pottasium (jaga suhu air pottasium agar air pottasium tidak meluap dan tumpah)biarkan beberapa saat.pada penyepuhan pertama akan memakan waktu agak lama,karena air pottasium belum mengandung emas.setelah beberapa saat cincin akan berwarna hitam,ini menandakan air pottasium belum sempurna mengandung emas,yang terserap ke dalam cincin adalah kandungan tembaga pengait emas.
Bilas dan bersihkan cincin dengan sikat perhiasan.lalu lakukan lagi langkah no 5.tunggu beberapa saat..hingga cincin berwarna kuning tua.ini menandakan emas sudah bercampur sempurna ke dalam air pottasium.
Setelah air pottasium bercampur sempurna,maka anda bisa melakukan penyepuhan perhiasan dengan jumlah yang lebih banyak.Kelompokkan perhiasan menurut jenisnya..gelang,cincin,kalung,liontin,gondel,giwang..dan usahan kelompokkan lagi menurut beratnya..agar emas yang terkandung nanti bisa di serap merata ke seluruh perhiasan.semakin berat perhiasan,usahakan jangan terlalu banyak barang yang dikaitkan ke tembaga.masukkan cincin 20 - 30 biji dengan pengait tembaga..tunggu beberapa saat..awasi terus warna perhiasan yang di sepuh..ketika warna dalam pyrex sudah kuning agak tua..keluarkan perhiasan yang di sepuh.dan masukkan sementara barang yang sudah di sepuh ke dalam baskom/kobokan berisi air bersih.begitu seterusnya..sampai semua perhiasan manjalani proses penyepuhan.
f.       .Perhiasan yang sudah di sepuh di bilas lagi dengan air bersih.
g.      .Siapkan tempat yang bersih..lalu keringkan perhiasan dengan menggunakan hairdryer
nb:ingat,,setiap melakukan tahap demi tahap akan selalu ada pembilasan.sekali anda melupakan pembilasan di setiap tahap,maka bisa di pastikan proses penyepuhan bisa gagal.karena letak terpenting dari penyepuhan adalah pembilasan.jangan sampai ada bahan kimia yang menempel masuk ke dalam air pottasium bercampur emas..karena bisa merusak air campuran pottasium dan emas.dan jangan sekali-sekali makan atau menyentuh barang berlemak atau mengandung minyak di tempat penyepuhan.
Proses penyepuhan selesai

Gold plating atau penyepuhan emas adalah metode memberikan lapisan tipis emas ke permukaan logam lain, biasanya tembaga atau perak, dengan menggunakan bahan kimia.

Gold Plating adalah proses elektrik (elektrokimia) yang merupakan proses perubahan energi listrik menjadi energi kimia. Proses ini melibatkan elektroda (logam-logam yang dihubungkan dengan sumber listrik) dan elektrolit (cairan tempat logam-logam tadi dicelupkan). 

Secara tradisional proses penyepuhan menggunakan emas 24 karat. Penyepuhan dilakukan pertama-tama dengan merendam logam (perak) di dalam air panas yang sebelumnya dibubuhi potasium, kemudian, logam dicuci dengan buah lerak dan disikat dengan seksama. Setelah benar-benar bersih, perhiasan dicelupkan dalam larutan potas dan emas yang dipanasi. 
Untuk membuat larutan sepuh, emas dikaitkan pada kawat tembaga yang disambungkan pada kutub positif aki kering. Logam yang disepuh dikaitkan pada kawat tembaga pada sambungan kutub lain. Untuk meratakan lapisan, perhiasan digoyang-goyangkan beberapa kali. 

Penyepuhan perak oleh emas digunakan dalam pembuatan perhiasan. Namun, karena atom perak berdifusi ke lapisan emas, lambat laun akan memudarkan warnanya dan akhirnya menodai lapisan permukaan. Proses ini dapat berlangsung berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun, tergantung pada ketebalan lapisan emas. Sebuah "penghalang" berupa lapisan logam digunakan untuk melawan efek ini. Tembaga, yang juga dapat bermigrasi menjadi emas, kecepatannya jauh lebih lambat daripada perak. Tembaga lebih jauh lagi disepuh dengan nikel, sehingga perak berlapis emas biasanya merupakan perak yang di-substrat dengan lapisan tembaga dan nikel, dan emas berada pada lapisan paling atas.

Isu Lingkungan

Isu lingkungan yang menuntut penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan, mengarahkan pengembangan produk dengan limbah sekecil mungkin. Penerapan produksi bersih dapat meningkatan efisiensi dan produktivitas dengan prinsip pencegahan (elimination), pengurangan (reduce), pakai ulang (reuse), daur ulang (recycle) dan pungut ulang (recovery) bahan-bahan yang dipakai pada industri elektroplating.

cara penyepuhan
Penyepuhan besi dengan Emas
 penyepuhan besi dengan emas dapat dilakukan dengan 2 tahapan :
1.                   penyepuhan besi dengan perak
·                     dalam penyepuhan besi dengan perak yang menjadi katode adalah barang yang akan disepuh,dan yang menjadi anodenya adalah  penyephnya yakni larutan AgNO3 menjadi Ag+ dan NO3-,namun dalam menentukan katode harus dilihat yang lebih positif antara Fe(besi) dengan Ag+ dan ternyata yaing lebih positif adalah Ag+. begitu pula dengan anodenya,karena elektrodenya tidak inert maka dilihat siapa yang leih positif antara Ag+ dengan NO3-,dan ternyata yang lebih positif adalah Ag+.
     2.  penyepuhan perak dengan emas
·                      seperti halnya pda langkah pertama untuk dikatode adalah barang yang akan disepuh,namun dilihat terlebih dahulu yang nilainya lebih positif antara Au3+ dari larutan Au(NO3)3,H2O,dan Ag(s).dan ternyata yang lebih positif adalah Au3+.begtu pula dengan anodenya dalam hal ini krena elektrodenya adalah inert maka yang dibandingkan antara H2O dengan NO3- dan ternyata yang lebih positif adlah H2O.
Dengan Rumusan :
Langkah 1 : 
Katode :Ag+ + e  menjadi   Ag(s)
Anode  :Ag(s)    menjadi     Ag+ e
 hasil :     Ag(s)     menjadi    Ag(s)

Langkah 2 :
Katode :Au3+ + 3e   menjadi    Au(s)     
Anode  :2H2O   menjadi     4H+ + O2 + 4e

hasil :      4Au3+ + 6H2O menjadi  4Au  + 12H+ + 3O2

D. Pemanfaatan Au3+ dalam electroplating perhiasan yang berlapis emas
 Elektroplating emas biasanya lebih umum dikenal dengan istilah “penyepuhan”. “Sepuh” artinya tua sehingga barang-barang yang dilapisi emas seolah-olah mirip dengan emas murni meskipun sebenarnya benda tersebut hanya dilapisi beberapa mikron dengan emas. Penyepuhan banyak diterapkan pada barang-barang kerajinan maupun perhiasan. Tidak semua logam boleh disadurkan dengan sebarang logam lain. Beberapa syarat diperlukan adalah :
· Logam yang hendak disadur dijadikan katod.
· Loram penyadur dijadikan anoda.Garam logam penyadur dijadikan elektrolit.
· Logam yang disadur lebih reaktif dari logam penyadur dalam siri elektrokimianya.
Tabel 2 : Logam penyadur, logam disadur, dan tujuan
Logam Penyadur
Logam disadur
Tujuan
Emas
Barang Kemas
Mencantikan
Kromium
Bahagaian kenderaan
Mencegah kakisan
Nikel
Syiling
Mencantikan
Perak
Barang cendermata
Mencantikan
Timah
Tin makanan
Mencegah kakisan
Gambar 4 : proses penyaduran

Pembuatan perhiasan yang berlapis emas menggunakan cara elektrolisis untuk pelapisannya. Perhiasan yang akan dilapisi (disepuh) diletakkan pada katode dan logam emas yang untuk menyepuh diletakkan di anode, sedangkan elektrolitnya merupakan larutan yang mengandung ion Au3+Larutan Au3+ harus dibuat dengan konsentrasi yang sekecil-kecilnya dan menggunakan arus yang sekecil-kecilnya agar proses penempelannya sempurna. Bila penempelannya terlalu cepat proses kristalisasinya tidak sempurna dan akibatnya menjadi hitam (tidak mengkilat). Agar konsentrasi Au3+ yang ada dalam larutan sekecil-kecilnya maka garam Au3+ ditambah apotas (K2CO3.KCN) yang akan membentuk ion kompleks [ Au(CN)6]3-. Proses penyepuhan memerlukan ketrampilan dan pengalaman, sebab tanpa latihan hasil yang didapat tidak baik.

2 comments:

  1. Kalo untuk perhiasan imitasi seperti xuping atau axiata yg dari china, apakah bahan2 yg di gunakan dan cara sepuh sama dengan sepuh emas.

    ReplyDelete
  2. info menarik
    cek bengkel-perak.blogspot.com
    BBM 5a093892
    tentang perak,sepuh dll

    ReplyDelete