Monday, March 21, 2016

SISTEM BERKAS (RAM,HARDISK,PUNCH CARD)

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/ca/https://encrypted-tbn3.gstatic.com/http://2.bp.blogspot.com/-maLCB1lKDQg/VEcbkAtX7uI/AAAAAAAAAzY/q8NMJoCf4LU/s1600/

Gambar diatas termasuk beberapa contoh dari media penyimpanan pada komputer .

RAM (Random Acces Memory).
RAM adalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random.Bingung? saya jelaskan lagi, ketika kita sedang membuka suatu aplikasi atau program komputer, secara otomatis program ini akan menggunakan RAM untuk menempatkan program tersebut, namun akan hilang ketika komputer dimatikan. Bedanya dengan penyimpanan seperti Hard disk, ketika komputer dimatikan data yang didalam hard disk tetap ada.
Jadi secara mudahnya, RAM adalah tempat meletakkan aplikasi komputer sementara waktu ketika kita sedang menggunakan aplikasi tersebut. Semakin banyak aplikasi yang kita buka, semakin besar juga RAM yang di gunakan. Apabila kapasitas RAM kita tidak memadai maka komputer akan mengalami hang dikarenakan aplikasi tersebut akan memakai Hard disk sebagai tempat penyimpanan lainnya. Kebayang bukan betapa jauh kecepatan akses hard disk dengan RAM?

Sejarah RAM (Random Access Memory)
RAM dikenalkan pada tahun 1960-an. Harganya kala itu sangatlah mahal. RAM pertama kali di ciptakan oleh perusahaan Intel. Jenis ram waktu itu disebut dengan DRAM. RAM sendiri ditemukan oleh Robert Denard dan diproduksi secara massal oleh intel pada tahun 1968. RAM yang pertama kali di temukan membutuhkan tegangan daya sebesar 5,0 Volt dan berjalan pada kecepatan 4,77 Mhz.
Fungsi dari RAM adalah mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepatlah komputer.

Jenis-jenis dari RAM :
  1.  RAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
  2. SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
  3. RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 
  4. SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. SDRAM
  5. EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus denagan kecepatan sampai 66 MHz.
http://garda-pengetahuan.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-ram-fungsi-ram-dan-jenis-ram.html

Hard Disk

Pengertian
Hardisk adalah salah satu komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan manusia. hardisk biasanya berbentuk kotak dan di dalamnya terdapat piringan tempat data – data tersimpan, hardisk bersifat menyimpan data secara paten walaupun komputer atau laptop anda matikan data – data yang ada dalam hardisk akan tetap ada, kecuali anda menghapusnya secara manual atau hardisk terkena virus.


Fungsi Hardisk
Fungsi Hardisk adalah untuk menyimpan data secara permanen ke dalam sector – sector yang terdapat pada disk yang telah tersedia di dalam nya untuk di read atau write, lain hal nya dengan ram yang fungsinya hanya untuk menyipan data secara sementara. oleh karena itu peranan hardisk sangat lah vital karena apa gunanya komputer jika tidak bisa menyimpan data yang telah di proses.

Jenis-jenis Hard disk

1. Hardisk ATA / EIDE
Hard disk dengan tipe EIDE (Enhanced IntegratedDrive Electronic) atau tipe ATA (Advanced Technology Attachment)adalah standar versi terbaru suatu antar muka disk yang sesuai untuk koneksi ke bus.
Banyak produsen disk memiliki rentang disk dengan antar muka EIDE / ATA, disk semacam itu dapat dihubungkan langsung ke bus PCI, yang digunakan pada banyak PC (personal computer).
Keuntungan drive EIDE / ATA yangsignifikan adalah harganya yang cukup murah, karena penggunaannya di pasaran PC. Salah satu kekurangan utamanya adalah diperlukan kontroler terpisah untuk tiap drive jika dua drive digunakan bersamaan untuk meningkatkan performa.
Salah satu produsen chip yang terkenal sudah menyertakan kontroler yang memungkinkan disk EIDE / ATA dihubungkan langsung ke motherboard.

2. Hardisk SCSI

Banyak disk memiliki antar muka yang didesain untuk koneksi ke bus SCSI standar. Disk tersebut cenderung lebih mahal, tetapi mempunyai performa yang lebih baik, yang dimungkinkan karena kelebihan bus SCSI daripada bus PCI.
Akses yang bersamaan dapat dilakukan ke banyak disk drive karena antar muka drive secara aktif dihubungkan ke bus SCSI hanya pada saat drive tersebut siap untuk transfer data.
Hal ini terutama berguna dalam aplikasi dimana terdapat sejumlah besar request untuk file kecil, yang sering terjadi dalam komputer yang digunakan sebagai file server.


3. Hardisk RAID

Menjanjikan performa yang luar biasa dan menyediakan penyimpanan yang besar dan handal. Disk tersebut digunakan baik dalam komputer performa tinggi atau dalam sistem yang memerlukan keandalan yang lebih tingi dari tingkat normal. Akan tetapi, dengan semakin menurunnya harga ke tingkat yang lebih terjangkau, disk tersebut menjadi lebih menarik bahkan untuk sistem komputer dengan ukuran rata-rata.

4. Hardisk SATA

Hard disk dengan tipe SATA (Serial Advanced Technology Attachment), yaitu interface disk ATA (Advanced Technology Attachment) dengan versi serialnya menggunakan kabel tipis yang memiliki total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel harddisk dengan tipe EIDE atau ATA disk yang berjumlah 39 pins dan SATA mempunyai kecepatan pengiriman data sangat tinggi serta mengurangi latensi atau delay. Sehingga bus serial ini mampu melebihi kecepatan bus paralel.
Hardisk SATA dalam mentransfer data secara berurutan atau serial lewat kabelnya dan juga secara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, sehingga kabel SATA hanya dapat digunakan pada satu hard disk.
Tipe hard disk yang telah dibahas ini, semuanya masuk dalam kategori internal hard disk, maksudnya yang di pasang di dalam CPU. Selain internal hard disk ada juga eksternal harddisk (hard disk yang berada diluar CPU), jadi bisa dipindah-pindahkan.
Eksternal hard disk mempunyai kecepatan rotasi 7200 rpm, pemasangannya sangat mudah, tidak perlu membongkar PC dan hanya dengan menghubungkan port USB ke PC, dan dapat mentransfer data 480 Mbps

5. Hardisk SSD

Seperti yang kita ketahui bahwa hardisk yang selama ini kita gunakan sebagai media penyimpanan masih mempunyai bagian mekanik didalamnya, sedangkan media SSD (Solid State Disk) sudah menggunakan teknologi seperti USB Drive atau memori komputer. Bila Anda perhatikan bahwa media seperti USB Drive ini tidak memiliki bagian yang bergerak.
sumber : http://tergila.com/jenis-jenis-hardisk/


Contoh Hardisk SATA dan ATA


Contoh Hardisk SSD

Sebaiknya memilih hard disk internal atau eksternal?
Hard disk internal menyediakan penyimpanan internal dengan kecepatan tertinggi. Hard disk eksternal memberikan Anda penyimpanan dengan fleksibilitas yang lebih besar dan diperluas kapan pun Anda membutuhkannya.

Masing-masing pilihan memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Hard disk internal harus diinstal secara fisik dengan membuka komputer Anda—sesuatu hal yang enggan dilakukan oleh sebagian besar orang. Namun file dan program Anda disimpan langsung di komputer Anda; semuanya selalu ada kapan pun Anda membutuhkannya.

Hard disk eksternal selalu tersambung ke komputer Anda melalui kabel colokan, seperti Portabel Backup Plus, atau diakses melalui Wi-Fi, seperti Wireless Plus. Hal ini tentunya memungkinkan Anda untuk membawa file bersama Anda, mentransfernya ke komputer lain, atau langsung menambahkan penyimpanan ke komputer atau jaringan Anda tanpa masalah teknis apa pun.
Untuk saat ini kapasitas hardisk yang umum beredar di pasaran antara 250 GB sampai 2 TB,namun yang umumnya terpasang pada laptop atau komputer untuk saat ini berkisar antara 250 GB sampai 500 GB, ya walaupun sudah ada laptop dengan hardisk bawaan sampai 1 TB.

Punch Card
Punch Card adalah media penyimpanan data untuk pengaturan mesin. Punch Card juga merupakan media penyimpanan data yang diketahui paling tua. Punch Card memiliki kolom sebanyak 90 buah yang dapat menampung data yang sangat kecil. Punch Card memiliki bentuk berupa sepotong kertas yang kaku dan berlubang yang berisi informasi digital sebagai instruksi. Masa jaya Punch Card hanya dari tahun 1900-an hingga 1970-an.
Punch Card ini dirancang dan diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon. Media penyimpanan ini menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Sejak tahun 1725 telah dirancang sebuah media untuk menyimpan data yang diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Namun pertama kali dipatenkan untuk penyimpanan data sekitar 23 September 1884 oleh Herman Hollerith – sebuah penemuan yang digunakan lebih dari 100 tahun hingga pertengahan 1970. Jumlah data yang tersimpan dalam media tersebut sangat kecil, dan fungsi utamanya bukanlah menyimpan data namun menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.
Cara kerja Punch Card 
1. Ada komputer generasi satu dan dua, masih digunakan punched card untuk memasukkan data kedalam CPU. Terdapat dua jenis kartu, yaitu jenis 80 kolom dan 96 kolom.
2.   Pada kartu 80 kolom, setiap kolom yang ada diberi nomor dari 1 hingga 80, disamping itu juga terdapat baris yang jumlahnya mencapai 12 buah. Setiap charcater yang ada akan diartikan dengan suatu lubang yang diletakkan pada perpotongan antara baris dan kolom. Dengan demikian, posisi lubang untuk setiap Karakter tidaklah sama
3.  Data-data yang akan dimasukkan kedalam komputer, akan diterima oleh sebuah mesin khusus yang berfungsi untuk melubangi kartu.
4. Dikarenakan biaya operasi dari Main-frame komputer sangatlah tinggi, maka hasil kerja dari operator pelubang kartu perlu diperiksa terlebih dahulu, apakah ada kesalahan prosedur ataupun penulisan. Jika diketemukan, kartu yang ada akan ditolak
5. Dari mesin pemeriksa, kartu kemudian dialihkan kemesin pen-sortir kartu. Mesin secara otomatis akan mengurutkan kartu yang ada berdasar urutan alfabetis yang terdapat dalam kolom demi kolom.
6. Kartu-kartu yang sudah berlubang dan tersortir ini, kemudian masih harus dipindah kemesin pembaca kartu. Berdasar lubang-lubang yang ada, maka digit demi digit setiap karakter data akan diterima oleh CPU guna keperluan proses.
7. Apabila pada kartu berlubang kemudian diberi sinar, maka sinar akan menembus lubang-lubang tersebut dengan menunjukkan posisinya masing-masing. Sinar yang menembus ini akan membentuk suatu pola ber-listrik yang pada akhirnya dapat dibaca oleh CPU.

sumber :
http://lisadepiandika.blogspot.co.id/2015/03/punch-card.html
http://garda-pengetahuan.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-ram-fungsi-ram-dan-jenis-ram.html
http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/teknologi-informasi/607-media-penyimpan

0 komentar:

Post a Comment